Bogor, salah satu kota di Jawa Barat yang biasa dikenal dengan kota hujan di Indonesia. Mengapa demikian? Sebutan ini melekat pada kota Bogor karena tingkat curah hujan yang cukup tinggi dan hawa dingin yang ada pada kota ini. Mengapa kota Bogor memiliki hawa dan suhu yang dingin, ini dikarenakan Bogor dikelilingi oleh tiga buah gunung, antara lain Gunung Gede, Gunung Salak atau yang biasa dikenal dengan Gunung abu-abu, dan yang terakhir adalah Gunung Pangrangro. Bogor didirikan dan dibentuk pada tanggal 3 Juni 1482, dan tahun ini akan genap berusia 536 tahun. Tanggal ini ditetapkan berdasarkan penobatan raja Kerajaan Sunda, Raja Siliwangi.

Kota Bogor dikenal dengan Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor tempat kediaman Bapak Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jokowi. Luas dari Kebun Raya Bogor mencapai 80hektar dan juga memiliki lebih dari 15.000 jenis pepohonan dan tumbuhan. Kebun Raya Bogor dibuka untuk umum dan biasa ramai pada hari Sabtu dan Minggu. Adapun Istana Kepresidenan Bogor, salah satu dari enam Istana Presiden  Republik Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Sampai saat ini masih terdapat rusa-rusa yang sehat dan lincah yang didatangkan dari Nepal langsung dan masih tetap terawatt sampai saat ini. Adapun juga beberapa hewan yang sengaja dipelihara langsung oleh Pak Jokowi sendiri, antara lain adalah ayam,kambing,ikan dan burung. Hewan-hewan tersebut juga sering diliput pada halaman youtube pribadi Pak Jokowi.

Kami dari Penerjemah Tersumpah, jasa penerjemah tersumpah Bahasa Inggris-Indonesia (atau sebaliknya) berpengalaman melayani ribuan klien, termasuk puluhan perusahaan besar, baik dalam atau luar negeri.

Bagamana dengan kehidupan mahasiswa di Bogor? Terdapat 11 perguruan tinggi atau Universitas yang dapat menjadi pilihan bagi para calon Mahasiswa untuk menempuh perkuliahan. Terdiri dari 2 Perguruan Tinggi Negeri, 6 Perguruan Tinggi Swasta, dan 3 Sekolah Tinggi. Berikut daftar PTN, PTS, dan ST :

Negeri

  • Institut Pertanian Bogor
  • Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan IPB

Swasta

  • Universitas Pakuan (UNPAK)
  • Universitas Muhammadiyah Bogor (UMB)
  • Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA)
  • Universitas Djuanda (UNIDA)
  • Universitas Nusa Bangsa
  • Politeknik AKA Bogor

Sekolah Tinggi

  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga
  • Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA
  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Biaya hidup di Bogor juga relatif terjangkau. Untuk mahasiswa baru IPB memberikan fasilitas seperti asrama yang biasa dikenal dengan Asrama TPB IPB untuk satu tahun pertama yang dapat menampung sebanyak 3000 mahasiswa putra dan putri. Selain itu letak dari asrama IPB in sangat strategis dan lengkap, kalian dapat menemukan cafeteria, kantin, rumah makan, apotek, rental motor hingga toko yang dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk biaya asrama sendiri digolongkan sesuai pendapatan orang tua, jadi bisa saja biaya satu anak dengan anak yang lain berbeda. Biaya untuk asrama sendiri berkisar 3,8 juta sampai 6 juta tergantung penghasilan kotor orang tua. Nah, meskipun rumah kita dekat dengan kampus kita harus tetap tinggal di asrama selama 2 semester atau 1 tahun pertama. Karena terdapat juga sarana pengakraban bagi mahasiswa baru. Bagaimana dengan makanan? Banyak warung-warung makan yang tersebar di sekitaran asrama dan memberikan harga yang relatif murah yaitu sekitar 4 hingga 6 ribu rupiah untuk satu kali makan. Adapun Kantin yang disediakan didalam asrama. Jadi jangan ragu lagi untuk memilih Bogor sebagai tempat untuk berkuliah. Dengan hawanya yang dingin dijamin bikin betah untuk tinggal.

Demikian sedikit ulasan  tentang Bogor dan biaya hidup mahasiswa di IPB. Semoga artikel ini membantu. Cheers!

Ditulis Oleh PenerjemahTersumpah

Penerjemah-tersumpah.com

Menerima Jasa Terjemah Tersumpah Via Online.