Kota Depok adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak di sebelah selatan Kota Jakarta, yaitu di antara Kota Jakarta dan Kota Bogor. Hari jadi kota ini pada tanggal 27 April 1999. Dahulunya Kota Depok adalah sebuah kecamatan kota di kabupaten Bogor, dan selanjutnya kota ini mendapatkan status kota administratif pada tahun 1982 sedangkan populasi penduduknya hanya mencapai 240.000 jiwa. Sejak 20 April 1999, Kota Depok menjadi kota yang terpisah dari kabupaten Bogor dan populasi penduduknya mencapai hingga 1,2 juta jiwa. Kota Depok terdiri dari 11 kecamatan dan kemudian dibagi menjadi 63 kelurahan. Suku bangsa yang menempati Kota Depok meliputi Betawi (36,7%), Jawa (33,07%), Sunda (16,5%), Batak (2,91%), Minangkabau (2,66%). Bahasa yang digunakan pun cukup beragam, diantaranya bahasa Indonesia, bahasa Sunda, bahasa Betawi dan juga bahasa tidak baku yang sering dipakai oleh para kalangan remaja atau disebutnya bahasa ABG.

Kota bogor memiliki beberapa julukan, julukan yang pertama untuk kota ini adalah kota Belimbing, karena belimbing sangat prospektif untuk dikembangkan hingga saat ini julukan nama buah untuk kota depok ini menjadi buah unggulan di kota Depok. Julukan yang kedua untuk kota ini yaitu kota petir, karena hanya di kota Depok yang terdapat petir paling berbahaya di dunia bahkan sering terjadi adanya petir di kota ini. Julukan terakhir untuk kota ini yaitu kota Layangan, dikarenakan di langit kota Depok banyak akan layangan yang diterbangkan, baahkan dari berbagai penjuru kota Depok.

Di kota Depok banyak terdapat kampus, dari universitas negeri, universitas swasta, sekolah tinggi, politeknik, akademi, dan lain sebagainya. Contoh dari universitas negeri yaitu Universitas Indonesia. Selain itu universitas swasta terdiri dari Universitas Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Depok, Perguruan Tinggi Agama Islam Al Qudwah. Untuk sekolah tinggi di kota Depok banyak contohnya dan dibagi menjadi 5 sekolah tinggi, diantaranya Administrasi (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia), Ekonomi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusa Darma), Hukum (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Iblam), Keguruan (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Arrahmaniyah), dan juga terdapat sekolah tinggi lainnya yaitu Yellow Jacket College. Politeknik di kota Depok hanya ada Politeknik LP3I Depok. Untuk kampus Akademi, misalnya Manajemen yaitu di Akademi Manajemen Informatika Komputer Tunas Patria, selanjutnya juga ada Sekretaris yaitu di Akademi Sekretaris Tunas Patria, selain itu ada juga PT Gici Group Indonesia sebagai kampus Akademi. Namun dari sekian banyak kampus yang terdapat di kota Depok, Universitas Indonesia menjadi Universitas yang diidamkan oleh banyak pelajar. Selain karena universitas ini merupakan universitas negeri, selain itu universitas ini memiliki nama yang cukup terkenal untuk tingkat internasional.

Kami dari Penerjemah Tersumpah, jasa penerjemah tersumpah Bahasa Inggris-Indonesia (atau sebaliknya) berpengalaman melayani ribuan klien, termasuk puluhan perusahaan besar, baik dalam atau luar negeri.

Kota Depok banyak didatangi para pendatang dari berbagai provinsi, tidak hanya orang-orang yang sedang mencari pekerjaan namun juga para calon mahasiswa yang ingin berkuliah di kota Depok, selain itu kota Depok memiliki lokasi yang strategis, biaya hidupnya pun juga tidak mahal jika dibandingkan dengan Ibukota Jakarta. Untuk pemilihan tempat tinggal di kota Depok, banyak sekali pilihan untuk tinggal di kota tersebut, diantaranya di kost, rumah kontrakan, dan juga ada apartemen, tetapi kebanyakan orang akan memilih kost atau rumah kontrakan dibandingkan apartemen, dikarenakan biaya menyewa apartemen lebih mahal daripada menyewa kost atau rumah kontrakan apalagi jika rumah kontrakan tersebut di tanggung oleh beberapa orang. Harga kost di Depok berkisar 300ribu sampai dengan jutaan rupiah. Harga kost di kota Depok dapat mencapai jutaan rupiah jika terdapat keamanan yang tinggi seperti menggunakan pintu sidik jari, wifi, dan menggunakan AC, maka harga penyewaan kost bisa menjadi sangat mahal. Selain fasilitas tersebut harga kost di Depok tergantung pada lokasi kost tersebut. Sama seperti halnya kota lain, jika tempat kost dekat dengan kampus maka harga kost tersebut juga akan mahal, maka dari itu tidak ada salahnya jika memilih tempat kost yang sedikit jauh jika ingin memiliki kost yang murah, selain itu mahasiswa juga dapat olahraga meskipun hanya dengan berjalan. Sedangkan untuk memilih tempat makan, tidak perlu memilih ditempat yang mahal, asalkan makan yang sesuai dengan 4 sehat 5 sempurna itupun sudah cukup. Selain itu setiap orang pasti membutuhkan hiburan, apalagi menonton film adalah kebutuhan hiburan yang terkadang diperlukan. Jika memilih tempat tinggal di Margonda, maka sangat tepat sekali karena jika ingin menonton film, tidak perlu pergi ke bioskop, karena tepat di daerah Margonda orang-orang dapat mengakses film-film secara gratis tanpa perlu DVD atau membeli film bajakan sekalipun. Selebihnya jika jngin mencari hiburan dengan menghirup udara segar atau hanya sekadar pergi ke Mall, maka tidak perlu dibingungkan karena dalam satu jalan raya di Depok terdapat banyak mall, misalkan di jalan Margonda terdapat beberapa mall seperti Depok Town Square (DETOS), Margo City, ITC, DTC, dan lain-lain.

Di kota Depok pun jika ingin mencari pekerjaan gampang-gampang susah. Gampangnya yaitu ada banyak pekerjaan di Jabodetabek. Tetapi jika yang melakukan pekerjaan ini adalah seorang mahasiswa, maka mahasiswa tersebut harus pandai dalam membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah, karena jika tidak dilakukan dengan baik dan benar maka akan terbengkalai tugas-tugas baik di kampus maupun pada pekerjaan yang dijalani.

Sedangkan untuk transportasi, tidak perlu bingung dalam memilihnya, karena bisa menaiki KRL. Meskipun transportasi dekat dan jauh cukup mudah, tetapi tetap saja akan dilanda macet, terkhususkan pada hari Sabtu Malam tepatnya di jalan Margonda maka akan sering terjadi macet di jalan tersebut.

 

Ditulis Oleh PenerjemahTersumpah

Penerjemah-tersumpah.com

Menerima Jasa Terjemah Tersumpah Via Online.