Batam adalah salah satu kota yang indah dengan banyak perusahaan besar didalamnya . Pada dasarnya kota ini merupakan kota terbesar di Kepulauan Riau. Letak kota ini sangat strategis. Kota ini terletak diantara Selat Singapura dan Selat Malaka. Jumlah penduduk kota ini melebihi 1 juta jiwa. Maka dari itu , kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dengan Singapura maupun Malaysia. Sebagai informasi, kota Batam juga merupakan kota dengan perkembangan tercepat di Indonesia.

Terdapat beberapa perwakilan negara asing di Kota Batam yaitu Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan China. Dengan adanya perwakilan beberapa negara tersebut menunjukkan bahwa kota ini menjadi salah satu kota yang cukup populer di luar negeri. Suku dikota Batam sangat beragam seperti suku Melayu, Batak, Tionghoa maupun Jawa. Namun, tetap agama yang paling mendominasi kota ini adalah Islam.  Sedangkan bahasa yang sering dipakai adalah bahasa Indonesia.

Kota ini memiliki keunikan tersendiri. Kota ini sering dijuluki sebagai kota industri. Dikarenakan banyaknyanya perusahaan besar yang berada dikota ini. Saat ini kota ini memilki dua bentuk pemerintahan, yakni Pemerintahan kota dan Badan Pengusahaan. Pemerintah kota berperan dalam mengatur administrasi  kependudukan dan sumber daya manusia penduduk Batam.Wali kota Batam saat ini adalah Muhammad Rudi yang menjabat hingga tahun 2021. Sedangkan Badan Pengusahaan Batam atau sering disebut BP Batam mengelola lahan dan investasi kota Batam. BP Batam berada dibawah pimpinan Dewan Kawasan Batam, Pemerintah Pusat.

Dengan julukan kota industri. Kota ini memiliki dua macam industri yaitu indstri ringan dan industri berat. Industri berat meliputi industri baja, industri logam, dan lain-lain. Sedangkan industri ringan meliputi industri plastik, industri elektonik, dan lain sebagainya.  Maka dari itu Batam menerapkan kebijakan Indonesia Free Trade Zone atau Kawasan Perdagangan bebas Indonesia. Kebijakan ini menerapkan izin bebas pajak barang impor maupun ekspor  yang dikeluarkan oleh Menteri Perdagangan dan Menteri Keuangan. Maka dari itu barang elektronik maupun kendaraan di Kota Batam dibebaskan dari PPN, namun jika keluar dari kota ini dikenakan pajak tambahan.

Kami dari Penerjemah Tersumpah, jasa penerjemah tersumpah Bahasa Inggris-Indonesia (atau sebaliknya) berpengalaman melayani ribuan klien, termasuk puluhan perusahaan besar, baik dalam atau luar negeri.

Selain itu, impor dan ekspor merupakan salah satu penunjang kota ini menjadi kota industri. Dengan tingginya kegiatan ekspor dan impor mampu mempercepat pertumbuhan kota ini. Komoditas yang terbanyak untuk kegiatan ekspor dan impor adalah komoditas migas dan non migas. Bahkan pada tahun 2016 total pendapatan dari kegiatan ekpor dan impor mencapai 14 juta dolar. Hal itu belum ditunjang dengan pendapatan dari sektor lain.Ramainya kegiatan ekspor dan impor kota ini didukung dengan adanya pelabuhan dengan jalur internasional yakni Pelabuhan Batuampar, karena sebanyak 4 rute perdagangan melewati jalur ini yakni Eropa, Amerika, Australia dan Asia. Pendapatan kota ini mencapai 200 ribu TEUs pertahun dari Pelabuhan Batuampar.

Ditulis Oleh Penerjemah-Tersumpah

 

Menerima Jasa Terjemah Tersumpah Via Online.