Denpasar adalah ibukota Bali yang terletak di sebelah Timur Pulau Jawa. Denpasar berasal dari kata ‘Den’ adalah utara dan ‘pasar’ adalah pasar yang artinya Utara Pasar. Denpasar ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Bali pada 23 Juni 1960 berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor Des.52/2/36-136. Denpasar dibagi menjadi beberapa wilayah yaitu: Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Utara dan Denpasar Selatan. Bali menggunakan bahasa Austronesia dari cabang Bali-Sasak. Bahasa Bali pun terdapat beberapa tingkatan seperti Bali Kasar, Bali Madya dan Bali Alus.

Denpasar memiliki banyak lahan berupa sawah sehingga kebanyakan penduduknya bermata pencaharian sebagai petani daripada nelayan. Mereka mempunyai pakaian adat untuk wanita yang bernama Kutu Baru yang biasa digunakan untuk upacara adat. Masyarakat melakukan swakelola untuk mengatasi masalah penumpukan sampah di TPA.

Sebagian besar penduduk di Denpasar memeluk agama Hindu. Jumlah Penduduk laki-laki di Denpasar lebih banyak daripada jumlah penduduk wanita. Denpasar memiliki banyak sekali destinasi wisata seperti Kuta dan Ubud. Tidak hanya itu, masih banyak tempat menarik lainnya untuk dikunjungi misalnya: Pantai Sanur, Pura Sakenan, Pantai Sindu, Pasar Kreneng, Taman Puputan, Simpang Dewa Ruci, Puri Santrian, Museum Bali.

Denpasar juga memproduksi berbagai macam barang kerajinan tangan seperti ukiran kayu, ukiran batu, patung dan kain ikat. Jika anda ke Denpasar jangan kaget kalau anda menjumpai sesajen dimana-mana bahkan di pinggir jalan. Uniknya di Bali tidak ada bangunan tinggi, ketinggian rata-rata bangunan di Bali tidak boleh lebih dari 15 meter dan di Denpasar tidak ada rel kereta api jadi hanya bisa melalui jalur laut, bus, mobil, motor dan pesawat.

Anda juga dapat menikmati wisata kuliner di Denpasar seperti Nasi Ayam Kedawetan, Jebak (Jejal Bali Kuliner), Bebek Goreng HT, Warung Wardana, Sate Plecing, Babi Guling, Nyoman Café, dll. BAnyak oleh-oleh khas Bali yang bisa anda bawa pulang yaitu brem, dodol bali, salak bali, kapri, pie susu, pia legong, kacang disko, dll.

Beberapa konsulat jendral yang bertempat di Bali seperti konsulat jendral Amerika Serikat, konsulat jendral Belanda, konsulat jendral Belanda, konsulat jendral Denmark, konsulat jendral Jerman dan konsulat jendral negara lainnya

Kami dari Penerjemah Tersumpah, jasa penerjemah tersumpah Bahasa Inggris-Indonesia (atau sebaliknya) berpengalaman melayani ribuan klien, termasuk puluhan perusahaan besar, baik dalam atau luar negeri.

Denpasar terdapat banyak universitas, institute, politeknik dan akademi seperti

  • Universitas Udayana
  • Universitas Mahasarswati
  • Universitas Warmadewa
  • Universitas Pendidikan Nasional
  • Universitas Dwijendra
  • Institut Hindu Dharma Negri Denpasar
  • Institut Seni Indonesia
  • Politeknik Kesehatan Denpasar
  • Politeknik Nasional Denpasar
  • Akademi Keuangan dan Perbankan Denpasar
  • Akademi Akuntansi Denpasar
  • Akademi Pariwisata Denpasar

Universitas Udayana atau disebut Unud termasuk salah satu Universitas terbaik di Bali. Peringkat 22 universitas terbaik seluruh Indonesia. Unud memiliki fasilitas tenaga mengajar dan infrastruktur yang sangat baik serta akademik yang berkualitas. Dengan visi ‘Terwujudnya lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumberdaya manusia unggul, mandiri dan berbudaya’.

Universitas Mahasaraswati Denpasar atau disebut juga Unmas juga termasuk Universitas yang bagus. Menduduki peringkat 179 Universitas terbaik di Indonesia. Universitas Mahasaraswati Denpasar termasuk universitas swasta. Pada 8 Desember 1963 Universitas Mahasaraswati Denpasar ini adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Saraswati.

Denpasar, Bali mempunyai corak budaya yang sangat apik seperti tari kecak yang para penarinya duduk secara melingkar dan ada penari yang berperan sebagai tokoh Ramayana dengan menggunakan kain ikat, tari pendet yang merupakan tarian yang awalnya tari pemujaan yang mengalami pembaruan sehingga menjadi tarian selamat datang, Barong Bali adalah tarian yang menggunakan topeng dan kostum yang ditarikan satu orang.

Bali Denpasar masih kental dengan segala seni dan kebudayaan nya yang dijaga sangat rapi turun temurun dari generasi ke generasi. Agama Islam adalah agama minoritas di Denpasar.  Tak hanya itu, banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan jika berkunjung ke Denpasar. Biaya hidup di Bali pun tak semahal di Jakarta jadi tidak perlu khawatir.

 

Ditulis Oleh PenerjemahTersumpah

Penerjemah-tersumpah.com

Menerima Jasa Terjemah Tersumpah Via Online.