Paris Van Java adalah salah satu sebutan bagi kota ini yakni “Kota Bandung”. Kota ini menjadi ibukota provinsi Jawa Barat. Bahkan, menjadi kota terbesar di Jawa Barat. Letak Kota Bandung sangat strategis yakni sebelah tenggara kota Jakarta. Dengan ketingggian ± 768 m dari permukaan air laut dan diapit oleh dua sungai yakni Sungai Cikapandung dan Sungai Citarum. Sementara itu, iklim dari Kota Bandung yakni sejuk dengan suhu 23,5 C.

Kota ini memiliki penduduk sebanyak 644.475 jiwa, dengan mayoritas suku Sunda. Selain itu, Kota Bandung dipimpin oleh seorang walikota yakni bapak Ridwan Kamil. Walikota ini dinilai dapat memberikan banyak perubahan terhadap Kota Bandung. Dibuktikan dengan banyaknya keberhasilan proyek yang dibuatnya. Maka dari itu Kota Bandung semakin terkenal dikalangan lokal maupun mancanegara.

Salah satu bidang yang mampu menjadikan kota ini tekenal adalah bidang pariwisata dan budaya. Bidang pariwisata menawarkan banyak macam tempat wisata. Mulai dari wisata yang lagi booming dikalangan remaja sampai tempat bersejarah. Seperti Trans Studio Bandung, Lembang, Cihampelas Walk, Paris Van Java Mall dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk tempat wisata bersejarah terdapat Gedung Sate, Gedung Merdeka, Museum Geologi Bandung, Gedung Pakuan dn lain sebagainya. Dengan banyaknya tempat wisata yang ditawarkan kota ini, mampu menarik banyak wisatawan yang memberikan pemasukan dan apresiasi bagi kota ini. Bahkan, kota ini pernah meraih penghargaan kota terbaik nomor satu di Indonesia dengan kriteria platinum di Indonesia’s Attractiveness Award (IAI) 2017. Salah satu faktor yang menunjang penghargaan kota ini adalah bidang pariwisata, sampai mengalahkan Kota Bali dan Yogyakarta.

Selain itu, Kota Bandung memiliki banyak lembaga instansi. Dari mulai lembaga instansi tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Untuk tingkat sekolah dasar Kota ini memiliki ± 1023 sekolah, untuk sekolah tingkat pertama sekitar 250 instansi dan untuk sekolah tingkat atas berkisar 200 instansi.  Sedangkan, perguruan tinggi, kota ini memiliki instansi perguruan inggi yang berkompeten dan banyak dicari oleh masyrakat Indonesia. Salah satunya Institut Teknologi Bandung atau ITB. ITB merupakan perguruan teknik pertama di Indonesia. ITB menjadi peruguruan tinggi terbaik ke 2 stelah UGM di Indonesia serta memasuki 500 besar perguuan tinggi terbaik didunia. Selain ITB, terdapat juga Universitas Padjajaran, Universitas Parahyangan, Politeknik Negeri Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dan masih banyak lagi.

Kami dari Penerjemah Tersumpah, jasa penerjemah tersumpah Bahasa Inggris-Indonesia (atau sebaliknya) berpengalaman melayani ribuan klien, termasuk puluhan perusahaan besar, baik dalam atau luar negeri.

Biaya hidup dikota ini terbilang cukup mahal dibandingkan dengan kota lain di Jawa, karena kota ini merupakan kota besar setelah Jabodetabek. Hal itu dibuktikan dengan biaya tempat inggal atau kos berkisar 800 keatas per bulan, kemudian untuk makan berkisar 10 ribu keatas. Untuk itu bagi pelajar yang tinggal dikota ini diharapkan  mampu mencari cara agar bisa bertahan hidup dikota metropolitan ini. Meskipun biaya empa tiggal dan makan cukup mahal tetapi akses transportasi yang ditawarkan mudah dan murah, cukup mengeluarkan 5000 rupiah untuk menaiki bus damri, yang dapat mengantar anda kemana saja.

Kota Bandung juga memiliki makanan khas yangmampu menaik wisatawan. Seperti Seblak Bandung, Cimol, Cireng, Peyeum, Batagor, Lotek, Karedok, Cendol, Surabi, dan lain sebagainya. Namun uniknya dari makanan khas Bandung adalah cita rasanya yang pedas. Bahkan, banyak cemilan yang dibuat oleh kota ini dengan cirikhas pedasnya.

Hal lain yang menjadi kota ini menarik adalah kesenian. Kota ini penuh dengan karya seni dari pemudanya. Pemuda bandung banyak menghasilkan karya, terutama dalam bidang musik. Beberapa musisi terkenal lahir dari kota ini seperti The Changcuters, Noah, Kahitna, SM*SH, dan Cokelat.

Untuk kesenian tradisional, Bandung memilki tarian khas yakni tari jaipong. Tari ini merupakan tarian tradisional terpopuler di Jawa Barat. Banyak yang menggemari taian ini. Bahkan masyarakat Indonesia sendiri tidak asing dengan tarian jaipong ini. Selain tarian jaipong ada juga tarian merak periangan, tari topeng, tari buyung, dll.

Secara keseluruhan Kota Bandung memiliki banyak hal yag mampu menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini didukung oleh bidang paiwisata, budaya, kuliner, dan lembaga instansi. Beberapa bidang tersebut mampu memberikan pemasukan kepada Kota Bandung sendiri serta menyumbangkan beberapa penghargaan.

Ditulis Oleh PenerjemahTersumpah

Penerjemah-tersumpah.com

Menerima Jasa Terjemah Tersumpah Via Online.