Berwisata ke Gresik

Sudah pernah berwisata ke Gresik? belum? ok Jasa Translate Tersumpah akan mengulas kota Gresik. Kota yang terletak di sekitar 18 km di sebelah barat Surabaya, merupakan kota industri dengan pabrik Semen Gresik yang terkenal di Indonesia. Selain itu, di Gresik juga ada industri rumahan kayu besar yang telah berdiri sejak tahun 1976.

GRESIK: 20 km barat daya Surabaya.
Dikenal sebagai kawasan industri, pabrik semen mendominasi kota Gresik. Di Gresik juga ada makam Sunan Giri, salah satu penyebar Islam di Jawa (Wali Songo), dan Maulana Malik Ibrahim, seorang ulama Muslim pertama yang menetap di Jawa. Beliau wafat pada tahun 1419.

KONDISI GEOGRAFIS
Secara geografis, pemerintah daerah Kabupaten Gresik terletak antara 112 derajat dan 113 derajat bujur timur dan antara 7 derajat dan 8 derajat lintang selatan, dan berbatasan dengan:
– utara: Laut Jawa
– timur: selat Madura dan kota Surabaya
– selatan: kabupaten Sidoarjo
– barat: kabupaten Lamongan

Di Gresik juga terdapat pemakaman Sunan Maulana Malik Ibrahim yang merupakan salah satu dari 9 Wali dalam penyebaran Islam pertama di Jawa Timur. Beliau meninggal pada tahun 882 H atau 1419 M dan dimakamkan di Kampung Gapura Gresik.

Sekitar 2 km di selatan kota Gresik, tepatnya di Bukit Giri kita dapat menemukan makam Sunan Giri yang juga merupakan salah satu dari 9 Wali penyebar Islam di Jawa. Upacara peringatan meninggalnya Sunan Giri (Haul Sunan Giri) dijadwalkan dalam kalender Pariwisata Jawa Timur.

Selain itu, juga ada makam Leran yaitu ibu dari Sunan Giri, yang terletak di desa Leran, Manyar sekitar 8 km dari kota Gersik.

Objek wisata lain di kota Gresik adalah makam Gapura Kanjeng Tumenggung Pusponegoro di desa Gapuro, Makam Nyi Ageng Pinatih di desa Kebongson, gua kelelawar di desa Pongangan, kolam renang Tirta Agung di desa Sidomoro, pulau Bawean dan sumber air panas di desa Kota Kusuma, danau Kastoba di desa Tambak, pantai Bhayangkara Diponggo di desa Diponggo, dan taman laut pulau Noko di desa Daun.

Sejarah Kota Gresik

Pada abad ke-11, Gresik telah dikenal sebagai pusat perdagangan yang tidak hanya antar pulau, tetapi juga internasional. Sebagai pusat perdagangan, Gresik banyak dikunjungi oleh pedagang Cina, Arab, Gujarat, Calcutta, Siam, Bengali, Campa, dan lainnya. Gresik muncul dalam catatan sejarah karena telah menumbuhkan Islam di wilayah Jawa. Penyebar agama Islam pada saat itu adalah Syech Maulana Malik Ibrahim dengan Fatimah Binti Maimun yang tiba di Gresik pada awal abad ke-11.

Kabupaten Gresik memiliki beragam daya tarik wisata. Obyek Wisata di Gresik terbagi menjadi 3 bagian yaitu: wisata alam, wisata budaya, dan wisata antusiasme khusus. Penunjang fasilitas pariwisata meliputi layanan pariwisata dan hiburan, serta hiburan masyarakat di setiap daerah di Kabupaten Gresik.

Sebagian besar wisata alam berada di pulau Bawean, sedangkan pariwisata lainnya tersebar di landas kontinen. Pelaporan data visual dan foto objek wisata sebagai komponen informasi pendukung pariwisata, yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten Gresik 2002, menghasilkan data agregat dan informasi tentang pariwisata:
a. Obyek Wisata dan Aspek Budaya di Kabupaten Gresik
b. Obyek Wisata dan Objek Wisata Alam di Kabupaten Gresik
c. Obyek Wisata dan Wisata Antusiasme Khusus di Kabupaten Gresik

Jangan bimbang untuk terus menyimak artikel-artikel menarik dari Jasa Translate. Kami juga selain melayani jasa translate tersumpah melayani juga penerjemahan bidang industri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp Us